ABSTRAK Pada tingkat pendidikan dasar hal yang menjadi fokus utama salah satunya yaitu pendidikan karakter. Tujuan penelitian untuk memahami pengaruh pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial emosional siswa. Desain penelitian kuantitatif deskriptif dipilih dengan sampel siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Jatiyoso Tahun 2024. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta kuesioner dengan muatan berbagai aspek yang mendukung dalam perkembangan sosial emosional, termasuk kepatuhan, kejujuran, disiplin, empati, dan kerja sama. Penerapan pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa mengalami representasi positif. Adapun beberapa sikap yang menunjukkan hasil positif meliputi, peserta didik cenderung memberikan perhatian lebih ketika guru sedang berbicara, peserta didik antre ketika membeli makanan di kantin, mengakui kesalahan, memberikan perhatian pada teman yang sedih, serta mampu merapikan barang pribadi. Implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan emosional peserta didik kelas 2 dilakukan dengan beberapa poin yakni, mengenali emosi, mengelola emosi yang sehat, serta menghargai emosi orang lain.
Copyrights © 2024