Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04, Desember 2024.

PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL SISWA KELAS 2 DI SD MUHAMMADIYAH JATIYOSO TAHUN 2024

Dyah Sulistyaningsih (Unknown)
Agustina Widianti (Unknown)
Widyastuti (Unknown)
Darsinah (Unknown)
Murfiah Dewi Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

ABSTRAK Pada tingkat pendidikan dasar hal yang menjadi fokus utama salah satunya yaitu pendidikan karakter. Tujuan penelitian untuk memahami pengaruh pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial emosional siswa. Desain penelitian kuantitatif deskriptif dipilih dengan sampel siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Jatiyoso Tahun 2024. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta kuesioner dengan muatan berbagai aspek yang mendukung dalam perkembangan sosial emosional, termasuk kepatuhan, kejujuran, disiplin, empati, dan kerja sama. Penerapan pendidikan karakter terhadap perkembangan sosial dan emosional siswa mengalami representasi positif. Adapun beberapa sikap yang menunjukkan hasil positif meliputi, peserta didik cenderung memberikan perhatian lebih ketika guru sedang berbicara, peserta didik antre ketika membeli makanan di kantin, mengakui kesalahan, memberikan perhatian pada teman yang sedih, serta mampu merapikan barang pribadi. Implementasi pendidikan karakter dalam mengembangkan emosional peserta didik kelas 2 dilakukan dengan beberapa poin yakni, mengenali emosi, mengelola emosi yang sehat, serta menghargai emosi orang lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...