Pemahaman kalimat dalam pembelajaran merupakan hal yang perlu dipelajari siswa sejak di bangku sekolah dasar. Sayangnya, masih banyak siswa yang kesulitan memahami isi bacaan terutama pada mata pelajaran Bahasan Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bacaan melalui penerapan teknik mind mapping pada siswa kelas sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitin Tindakan Kelas (PTK) untuk memantau perkembangan tingkat pemahaman bacaan siswa secara langsung. Teknik mind mapping dipilih karena dapat membantu siswa mengorganisasi ide utama dan hubungan antar-konsep secara visual, sehingga diharapkan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dirancang menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Suharsimi Arikunto. Penelitian tindakan terbagi dalam prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes diagnostic pemahaman teks bacaan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa terhadap teks bacaan, tercermin dari hasil tes pada prasiklus sebesar 50,8 siklus 1 sebesar 64,8 dan siklus 2 sebesar 82,4. Selain itu, teknik ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan serta interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru untuk menerapkan teknik pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa.
Copyrights © 2024