ABSTRACT This research is motivated by the (1) lack of utilization of the belajar..id platform which causes the belajar..id platform provided by the education and culture office to be useless. This research aims to find out how much the belajar.id platform benefits the (2) learning process at Al-Ishlah Cilegon High School. The research method used is (3) descriptive qualitative with data collection through observation, interviews and documentation of teachers and students. The results show that the utilization of the belajar.id platform has not been maximized because of the 14 applications integrated with the belajar.id account, Al-Ishlah Cilegon High School students only use 2 applications. In conclusion, students have activated the belajar.id account but have not used it optimally, it is only used to log into the premium canva account and save files on google drive, because the storage becomes larger. Keywords: Belajar.id, Learning Process, Descriptive Qualitative ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh (1) kurangnya pemanfaatan platform belajar.id yang menyebabkan tidak bergunanya platform belajar.id yang diberikan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar manfaat platform belajar.id dalam (2) proses pembelajaran di SMA Al-Ishlah Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah (3) kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan platform belajar.id belum maksimal karena dari 14 aplikasi yang terintegrasi dengan akun belajar.id, siswa-siswi SMA Al-Ishlah Cilegon hanya menggunakan 2 aplikasi saja. Kesimpulannya, siswa-siswi sudah mengaktivasi akun belajar.id tetapi belum menggunakannya secara maksimal, hanya digunakan untuk login ke akun canva premium dan menyimpan file di google drive, karena penyimpanan menjadi lebih besar. Kata Kunci: Belajar.id, Proses Pembelajaran, Kualitatif Deskriptif
Copyrights © 2024