Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 01 (2025): Volume 10, Nomor 01 Maret 2025

PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Dais Nursa`adah (Unknown)
Asep Tutun Usman (Unknown)
Ani Siti Anisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 55 siswa kelas V MI Negeri 4 Garut. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan sebelum dan sesudah intervensi. Berdasarkan hasil penelitian, uji Mann Whitney dengan nilai signifikansi 0,001, menunjukkan bahwa, penerapan pembelajaran diferensiasi berbasis PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensioal. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...