Journal of Banua Science Education
Vol. 6 No. 1 (2025)

PENGARUH MODEL PjBL BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS X SMK ISFI BANJARMASIN

Fitriani, Nur (Unknown)
Winarti, Atiek (Unknown)
Putra, Aminuddin Prahatama (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PjBL berbasis kearifan lokal pada konsep zat dan perubahan terhadap kemampuan berpikir kreatif, melalui analisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model PjBL dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control grup. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X SMK ISFI Banjarmasin yang terdiri atas 31 peserta didik. Hasil olah data kemampuan berpikir kreatif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, indikator originality dengan nilai rata-rata 60 merupakan indikator yang paling tinggi, sedangkan pada kelas kontrol indikator yang paling tinggi adalah indikator fleksibility dengan nilai 46. Berdasarkan rata-rata antara kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 43 kategori cukup kreatif, sedangkan kelas kontrol 38 yang termasuk dalam kategori kurang kreatif. Analisa data menggunakan uji T non-parametrik yaitu menggunakan uji Kruskal Wallis tes terlihat bahwa nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0,210, yang berarti nilai tersebut lebih besar dari 0,05 (0,210 > 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada cukup bukti untuk menolak hipotesis nol (Ho). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada materi zat dan perubahan. Dengan demikian model PjBL berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JBSE

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

The Journal of Banua Science Education is a scientific journal published by the Master Program of Natural Science Education of Lambung Mangkurat University. The journal dissemination papers are written based on the study results and literature review in the sphere of natural science education, ...