Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

PENGARUH TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK KELOMPOK, TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK INDIVIDU TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE

Lisa Amalia (Pendidikan)
Arismunandar (Universitas Negeri Makassar)
Wahira (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik supervisi akademik kelompok dan teknik supervisi akademik individu terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar se-Kecamatan Patimpeng, Kabupaten Bone. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian berjumlah 104 guru, dengan sampel sebanyak 84 guru yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik supervisi akademik kelompok (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pedagogik (Y) guru, dengan nilai koefisien 0,531, nilai t hitung 8,956, dan signifikansi 9.69E-14; (2) teknik supervisi akademik individu (X2) juga berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pedagogik (Y), dengan koefisien 0,490, nilai t hitung 8,122, dan signifikansi 4.32E-12; (3) secara simultan, X1 dan X2 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Y, dengan nilai R Square sebesar 0,695 dan nilai F hitung sebesar 92,181 pada taraf signifikansi < 0,001. Temuan ini mengindikasikan bahwa teknik supervisi akademik kelompok dan individu secara bersama-sama berkontribusi sebesar 69,5% terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...