Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Order

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BERKEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS V SD DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Angie Celina (Universitas Negeri Jakarta)
Imaningtyas (Universitas Negeri Jakarta)
Nidya Chandra Muji Utami (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Perundungan, intoleransi, dan perilaku tidak pantas masih menjadi persoalan serius di lingkungan sekolah dasar hal ini diperkuat dengan adanya data yang menyatakan bahwa 41,1% siswa di Indonesia pernah mengalami perundungan. Kondisi ini mencerminkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengelola emosi dan berinteraksi sosial secara sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global pada siswa kelas V di SDN Meruya Utara 03 Pagi dalam konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan teknik simple random sampling dan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan sikap berkebhinekaan global, dengan koefisien korelasi sebesar 0,42. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kecerdasan emosional sebagai landasan pembentukan sikap inklusif dan toleran pada siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...