Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 2 BAJONG PURBALINGGA

Wahyu Nurlinawati (Unknown)
Tutuk Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Peran guru dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar Negeri 2 Bajong Purbalingga. Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam pendidikan, terutama di tingkat dasar, karena dapat membekali siswa dengan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi untuk masalah yang dihadapi. Melalui pendekatan yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang berfokus pada keterlibatan aktif siswa, pemecahan masalah, dan diskusi kelompok berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...