Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Nurul Hijja (Universitas Negeri Makassar)
Rahmayanti (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haliq (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Media dan sumber pembelajaran bahasa Indonesia memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran. Dengan media dan sumber yang bervariasi membuat peserta didik lebih termotivasi dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap bentuk-bentuk media dan sumber pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian ini adalah menjelaskan bentuk-bentuk media dan sumber pembelajaranbahasa Indonesia, yang terdiri atas media powerpoint, kartu huruf, kahoot, pop up book dan komik, serta sumber internet, website, YouTube, dan emodul. Oleh karena itu, dengan banyaknya variasi media dan model pembelajaran diharapkan dapat mempermudah tenaga pendidik menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...