Kurikulum merdeka mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023, mulai dari jenjang TK hingga SMA/Sederajat. Meskipun kurikulum ini sudah berjalan sekitar tiga tahun, namun masih terdapat kendala, seperti guru yang belum memahami esensi merdeka belajar, sekolah baru menerapkan kurikulum merdeka, dan kendala guru dalam merancang model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan pendekatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka, yaitu pemahaman berdasarkan desain , berdiferensiasi, dan pembelajaran mendalam . Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematik , yang dilakukan dengan menentukan pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka ( understanding by design , berdiferensiasi, dan deep learning ). Sebanyak 30 artikel dan buku telah diseleksi sesuai dengan kriteria penelitian, seperti tahun publikasi dan kesesuaian dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan pembelajaran kurikulum merdeka yang terdiri dari Understanding by Design , Berdiferensiasi, dan Deep Learning belum secara merata diterapkan di satuan pendidikan, khususnya pendekatan Understanding by Design dan Deep Learning . Implementasi pendekatan pembelajaran yang cukup ditekankan dalam kurikulum merdeka adalah pendekatan berdiferensiasi yang menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Meskipun demikian, kendala yang terjadi adalah guru yang hanya memahami secara konsep, tanpa memahami komponen-komponennya.
Copyrights © 2025