Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Build

STUDI LITERATUR: PENGARUH PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP SPEAKING SKILL PESERTA DIDIK SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Dwi Hartati (Universitas Negeri Jakarta)
Nidya Chandra Muji Utami (Universitas Negeri Jakarta)
Imaningtyas (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan AI terhadap keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar dengan menggunakan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengumpulkan dan mengamati jurnal dan e-book yang dapat menjadi sumber yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian studi pustaka menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Kecerdasan Buatan dapat memberikan umpan balik yang dipersonalisasi dalam pembelajaran berbicara. Beberapa produk berbasis AI dapat mendukung pembelajaran keterampilan berbicara siswa sekolah dasar, seperti Duolingo, ELSA, Aplikasi ELAi, Asisten Virtual Lyra, Asisten Google, Lingokids, dan konten berbasis AI. Namun, Kecerdasan Buatan memiliki efek atau potensi negatif, seperti berkurangnya keterampilan sosial dan emosional siswa dalam berkomunikasi, ketergantungan pada teknologi yang menyebabkan siswa menjadi pembelajar pasif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan dalam keterampilan berbicara siswa sekolah dasar dapat disebut sebagai pisau bermata dua. Di satu sisi, AI memberikan kontribusi positif dan dapat memudahkan siswa atau guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan adanya bimbingan atau kontrol dalam penggunaan AI dari guru, orang tua, atau pelatih.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...