Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10 No. 02 Juni 2025 In Order

ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN NILAI KEMANDIRIAN BERBASIS DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR

Ai Siti Rohimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muhammad Rijal Wahid Muharram (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dwi Alia (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir logis, analitis, dan pemecahan masalah bagi siswa sekolah dasar. Namun, pembelajaran matematika masih menghadapi berbagai tantangan, khususnya dalam memahami konsep bangun datar. Siswa sering mengalami kesulitan akibat pendekatan pembelajaran yang kurang menarik dan tidak kontekstual. Selain itu, rendahnya kemandirian belajar siswa menjadi hambatan dalam memahami konsep secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berupa buku cerita bergambar yang mengandung nilai kemandirian dan berbasis disposisi matematis dalam pembelajaran bangun datar di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pendahuluan, wawancara, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis cerita bergambar belum banyak digunakan dalam pembelajaran matematika, meskipun memiliki potensi besar dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Guru mengungkapkan bahwa buku cerita bergambar yang dikembangkan perlu mengintegrasikan konsep bangun datar dengan kehidupan sehari-hari siswa serta menanamkan sikap mandiri dalam belajar. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan buku cerita bergambar sebagai alternatif bahan ajar yang tidak hanya membantu pemahaman konsep matematika, tetapi juga menumbuhkan kemandirian belajar dan disposisi matematis siswa. Buku ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...