Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 3 (2025): July, Social Studies, Educational Research and Humanities Research.

Efektivitas E-Learning Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Stunting di Sman 1 Kampung Rakyat

Deasy Siregar, Santy (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Ginting, Johannes Bastira (Unknown)
Situmorang, Lusiana Jesika (Unknown)
Oktavia, Melyn (Unknown)
Sari, Anggi Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan fisik pada anak yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu lama sehingga mengakibatkan masalah gizi kronis. Pencegahan stunting sebaiknya dimulai sejak dini termasuk pada remaja putri yang nantinya akan menjadi ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penyuluhan dengan media e-learning berbasis audio visual terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri tentang stunting di SMAN 1 Kampung Rakyat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian sebanyak 109 remaja putri yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pengetahuan sebelum penyuluhan sebesar 5,88 (58,8) dan meningkat menjadi 8,50 (85) setelah dilakukan intervensi. Untuk sikap rata-rata skor awal sebesar 21,66 (54,15) meningkat menjadi 30,18 (75,45) setelah dilakukan penyuluhan. Uji statistik Wilcoxon T-Test menunjukkan nilai p sebesar 0,000 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penyuluhan audio visual e-learning terhadap pengetahuan remaja putri tentang stunting. Oleh karena itu, metode penyuluhan audio visual e-learning dapat digunakan sebagai alternatif penyuluhan kesehatan yang efektif untuk mencegah stunting sejak remaja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...