Riwayat: Educational Journal of History and Humanities
Vol 8, No 2 (2025): April, Culture and Identity

The Role of Human Resource Analytics in Enhancing Strategic Workforce Planning and Talent Acquisition

Pulungan, Setyo Budi (Unknown)
Yopita, S.S, Nova Rosa (Unknown)
Hadi, Samsul (Unknown)
Haryadi, Budhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Perencanaan strategis dan akuisisi talenta merupakan dua elemen krusial dalam menciptakan keunggulan kompetitif di era digital. Seiring dengan perkembangan teknologi dan dinamika kompleksitas sumber daya manusia, Analisis Sumber Daya Manusia (ASM) menjadi alat penting dalam mendukung pengambilan keputusan berbasis data di bidang manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran analisis sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas perencanaan strategis dan proses akuisisi talenta melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data dikumpulkan dari berbagai literatur ilmiah, jurnal internasional, laporan industri, dan publikasi akademis relevan yang diterbitkan sepuluh tahun terakhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi ASM mampu memberikan pandangan prediktif dan diagnostik dalam mengidentifikasi kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang, memetakan kesenjangan kompetensi, serta mengoptimalkan strategi rekrutmen dan seleksi talenta. Selain itu, ASM juga membantu mengukur efektivitas inisiatif SDM serta menyelaraskan kebutuhan tenaga kerja dengan tujuan strategis organisasi. Studi ini menegaskan bahwa organisasi yang mengintegrasikan analisis SDM ke dalam proses perencanaan dan akuisisi tenaga kerja memiliki peluang lebih besar untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas analitik dalam fungsi SDM dan pengembangan sistem data terintegrasi sebagai langkah strategis ke depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

riwayat

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History education, (2) History of Education,(3) Social Sciences Education, (4) Sociology Education, (5) Philosophy of history, (6) Historiography, (7) Humanities, and (8) ...