Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol. 8 No. 3 (2025): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PENGARUH E-COMMERCE DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PEKERJA DI SIDOARJO

Mellya Imro'atul Maghfiroh (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Jeziano Rizkita Boyas (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Nafia Ilhama Qurratu’aini (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)
Devika Cherly (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Pergeseran budaya belanja di Indonesia dari konvensional ke e-commerce, kenyamanan dan promosi yang ditawarkan. Penelitian menunjukkan bahwa Shopee adalah yang paling banyak dikunjungi. Tujuan dari kajian ini melihat pengaruh e-commerce dan gaya hidup hedonisme pada perilaku konsumtif. Random sampling untuk pemilihan sampel yang dilakukan pada mahasiswa pekerja pengguna e-commerce di Sidoarjo dengan melibatkan 96 responden dan peneliti melakukan pra-survei pada mahasiswa pekerja pengguna e-commerce di Sidoarjo dengan melibatkan 31 responden. Analisis data dengan metode kuantitatif dengan statistik SPSS. Temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan belanja mahasiswa melalui e-commerce pada perilaku konsumtif dipengaruhi secara signifikan.  Studi ini juga meneliti hubungan penting antara perilaku konsumtif dan gaya hidup hedonisme dengan pengaruh signifikan.

Copyrights © 2025