Rudder merupakan bagian control surface berengsel pada pesawat yang bergerak sebagaipengendali gerakan sumbu yaw pesawat. Pada perancangan struktur rudder diperlukan desainyang ringan namun kuat menahan beban struktur serta beban luar yang diterima rudder. Makadiperlukan optimasi desain agar memperoleh desain yang diharapkan.Dalam penelitian ini optimasi desain dilakukan menggunakan metode Taguchi dan analisaperhitungan kekuatan menggunakan metode elemen hingga dengan bantuan perangkat lunak MSCPatran/Nastran. Optimasi desain diaplikasikan pada ketebalan pelat struktur rudder. Setiap bagiandalam struktur rudder dikelompokkan kedalam 13 kelompok atau faktor. Setiap faktor ini memiliki3 level ketebalan pelat yang berbeda. Dari kombinasi ketebalan pelat ini kemudian dirancangdesain eksperimen menggunakan metode taguchi. Selanjutnya desain eksperimen tersebutdiaplikasikan menggunakan metode elemen hingga untuk mengetahui tegangan yang terjadisehingga diketahui margin of safety struktur rudder pada kombinasi level tersebut. Selain itu jugadihitung massa struktur dalam setiap eksperimen yang dilakukan.Dengan optimasi menggunakan metode Taguchi dan metode elemen hingga dihasilkan kombinasiketebalan pelat yang optimal dengan margin of safety yang masih diizinkan. Dari hasil optimasi inididapatkan massa struktur sebesar 17,55715 Kg serta margin of safety 0,898 pada load case 9609dan 1,93 pada load case 11436. Dengan membandingkan dengan massa struktur rudder sebelumoptimasi didapatkan penurunan massa struktur sebesar 29,9 %.
Copyrights © 2017