Journal of Instructional and Development Researches
Vol. 5 No. 3 (2025): June

Desain Pembelajaran Mobile Collaborative Learning Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mahasiswa PGSD Universitas Bengkulu

Amaliyah, Yuli (Unknown)
Yuliantini, Nani (Unknown)
Setiono, Panut (Unknown)
Ariffiando, Nady Febri (Unknown)
Sari, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Desain Pembelajaran Mobile Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mahasiswa PGSD Universitas Bengkulu; dan (2) mengetahui kemampuan Kerjasama dan kemampuan berpikir Tingkat tinggi mahasiswa PGSD setelah mengikuti pembelajaran dengan Mobile Collaborative Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE atau Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Analisis data kualitatif dan Analisis kuantitatif. Proses validasi yang dilakukan oleh ahli menunjukkan bahwa desain ini memenuhi kriteria relevansi, kepraktisan, dan efektivitas, dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,6 dalam kategori "sangat baik." Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa desain pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama mahasiswa. Rata-rata skor kerjasama meningkat dari 3,2 sebelum implementasi menjadi 4,4 setelah implementasi, dengan indikator komunikasi, koordinasi, dan pembagian tugas menunjukkan peningkatan yang signifikan. Desain pembelajaran Mobile Collaborative Learning berbasis PBL ini terbukti valid dan efektif dalam meningkatkan keterampilan kerjasama serta kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa PGSD di Universitas Bengkulu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIDeR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Instructional and Development Researches (JIDeR) is a scientific journal published by Indonesia Emerging Literacy Education. This journal publishes related research papers and covers a wide range of topics in the field of knowledge: learning research, educational development research. ...