Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh Media Sosial pada Perkembangan Nilai Moral dan Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Farah Dina Nur Azizah (Universitas Negeri Surabaya)
Hendratno Hendratno (Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Istiq’faroh (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Sosial media juga memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap berbagai aspek, terutama berpengaruh terhadap aspek moral dan aspek sosial. Pengaruh media sosial terhadap aspek-aspek tersebut tidak selalu bersifat positif, namun juga bisa bersifat negatif. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh media sosial pada perkembangan nilai moral dan perilaku sosial anak usia sekolah dasar. Metode studi literatur digunakan dalam penulisan artikel. Pembahasan artikel ini menunjukkan bahwa pengaruh negatif dari penggunaan media sosial terhadap nilai moral anak antara lain menyebabkan anak gemar melakukan bullying, melakukan pelecehan kepada teman sebaya, melakukan perkelahian dan kekerasan antar teman, mengakses pornografi, dan melakukan tindakan pencurian. Adapun pengaruh negatif dari penggunaan media sosial terhadap perilaku sosial antara lain dapat dilihat dari perilaku anti sosial dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar, sulit bersosialisasi sehingga sulit memperoleh teman, mudah panik atau cemas, serta jarang berpartisipasi sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...