JIMAD: Jurnal Ilmiah Madrasah
Vol 2, No 1 (2025): JIMAD: Jurnal Ilmiah Madrasah

Efektivitas Media Pembelajaran Dongeng dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas 1 MIS Darussalam

Khoirun Nisa (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Elma Yuniarti (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang)
Esa Nur Wahyuni (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2025

Abstract

Dongeng merupakan sebuah media yang digunakan untuk menarik minat peserta didik dalam kegiatan belajar sehingga siswa dapat berfikir, dan melepaskan imajinasinya, dengan begitu dapat melatih keterampilan peserta didik untuk berbicara di kelas, dongeng sendiri merupakan sebuah cerita fiksi yang dimana terdapat banyak jenis dan sangat beragam. Dongeng disebut juga dunia dalam kata yang bermakna kehidupan yang di tuliskan di dalam kata-kata. Dongeng sudah tentu berbentuk cerita tetapi cerita belum tentu dongeng. Dongeng dapat menjadi bagian dari aspek perkembangan anak. Sebagian besar peserta didik sangat menyukai dongeng, karena dongeng merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Dongeng bisa di jadikan sebagai motivasi yang dapat mendorong anak untuk gemar membaca. Tujuan dari penulisan penelitian ini yaitu sebagai evaluasi media pembelajaran dongeng dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas 1 dan menjadi motivator pendorong bagi MIS 1 Darussalam dalam menerapkan dan memperbaiki, disini juga akan dipaparkan bagaimana cara meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan media pembelajaran dongeng kelas 1 MIS Darussalam dan faktor kelebihan dan kelemahan terhadap media tersebut. metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini yaitu penelusuran kepustakaan, atau bibliografi. Dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan dongeng sebagai media pembelajaran peserta didik lebih semangat dan antusias dalam proses pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih bermakna karena peserta didik dapat dengan mudah memahami pembelajaran dengan mendengarkan dongeng, kemudian peserta didik dapat menambah kosakata serta melatih keterampilan peserta didik dengan menceritakan Kembali cerita yang sudah mereka dengarkan kepada teman satu kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimad

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jimad: Jurnal Ilmiah Madrasah is open access and peer-reviewed scientific journal that focuses on development studies of elementary education. published Three Time a year since February 2024. This journal is published by the Department of post graduation of elemntary education, Universitas Islam ...