This research was conducted with the aim of identifying and obtaining information about the Syntax Analysis of Thematic Learning in Elementary Madrasah. This study uses the Library Research method, which is a method of collecting data by studying theories from various literature sources that are related to this study. This study provides an explanation of the problems that arise in the learning process at the elementary education level. This study found that the problems faced by elementary schools or madrasahs such as difficulties in assessing attitudes, preparing learning plans, preparing learning media, and combining themes between subjects. Based on these problems, it is important for school residents, especially teachers, to carry out the learning process effectively and efficiently, namely by using thematic learning in order to achieve educational goals.AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi tentang Analisis Sintaks Pembelajaran Tematik pada Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka (Library Research), yang merupakan suatu metode pengumpulan data dengan mempelajari teori-teori dari berbagai sumber literatur yang memiliki keterhubungan dengan penelitian ini. Penelitian ini memberikan penjelasan tentang masalah yang muncul dalam proses pembelajaran pada jenjang pendikakan dasar. Penelitian ini menemukan bahwa probelmatika yang dihadapi lembaga sekolah dasar atau madrasah seperti kesulitan dalam penilaian sikap, penyusunan rencana pembelajaran, persiapan media pembelajaran, dan memadukan tema antar mata pelajaran. Berdasarkan problematika tersebut, penting bagi warga sekolah terutama guru untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan efektif dan efisien yaitu dengan menggunakan pembelajaran tematik guna tercapai tujuan Pendidikan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025