Pengembangan website dengan menggunakan aplikasi ProProfs Quiz Maker sebagai alat evaluasi pembelajaran PKn kelas IV. Tujuan ini antara lain merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi PKn. Dalam metode pengembangan ini, peneliti menerapkan model pengembangan 4-D (Four-D) yang merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahapan, yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Situs Propofs Quiz Maker dapat membantu merancang kuis awal menggunakan fitur seperti variasi. pertanyaan, pratinjau, kirim, lacak, dan laporkan. Setelah memperoleh pemahaman tentang profil pengetahuan awal kelas melalui kuis, pendidik dapat mengembangkan desain pembelajaran dengan memperhatikan analisis profil dan tingkat pemahaman materi serta kebutuhan peserta didik. pakar. Ahli materi memberikan skor 71% dengan kriteria sesuai, sedangkan ahli media memberikan skor 72% dengan kriteria baik. 2. Berdasarkan hasil angket respon siswa, penggunaan instrumen evaluasi berbasis web ProProfs Quiz Maker terbukti praktis. Pada uji skala kecil diperoleh persentase 96% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan pada uji pemakaian secara luas diperoleh persentase sebesar 82,4% dengan kriteria “Praktis”.
Copyrights © 2024