JIMAD: Jurnal Ilmiah Madrasah
Vol 1, No 3 (2024): JIMAD: Jurnal Ilmiah Madrasah

Menggali potensi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Tantangan dan Inovasi

Khoirun Nisa (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Hanny Zahira (Universitas Negeri Surabaya, Surabaya)
Muhammad Rizki Hidayatullah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta)
Mohammad Zubad Nurul Yaqien (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar merupakan pilar utama dalam membentuk identitas nasional dan keterampilan komunikasi siswa. Meskipun menjadi mata pelajaran inti, potensi pembelajaran Bahasa Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantangan yang kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika, hambatan, dan solusi inovatif dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah studi literatur, yaitu melalui pengumpulan dan analisis terhadap sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Dengan demikian, penelitian ini dapat menggali potensi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar memerlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan pihak terkait lainnya. Dengan menghadapi tantangan dengan pendekatan inovatif, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi lebih menarik, relevan, dan efektif, sehingga membuka pintu bagi perkembangan kompetensi berbahasa siswa yang holistik dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimad

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jimad: Jurnal Ilmiah Madrasah is open access and peer-reviewed scientific journal that focuses on development studies of elementary education. published Three Time a year since February 2024. This journal is published by the Department of post graduation of elemntary education, Universitas Islam ...