Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan praktis siswa dalam mata pelajaran teknik elektronika masih rendah, seiring dengan lemahnya minat belajar dan tingkat literasi yang terbatas. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi ini adalah kurangnya fasilitas pembelajaran, terutama media trainer elektronika analog yang mendukung kegiatan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas trainer elektronika analog modular dalam meningkatkan keterampilan praktis dan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan desain One Shot Case Study. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X jurusan yang berjumlah 35 orang. Otomasi Industri yang terlibat sebagai partisipan uji coba produk. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi dari ahli, dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi media, soal evaluasi hasil belajar, dan panduan observasi keterampilan praktik. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan inferensial dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media trainer yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi elektronika analog serta kemampuan mereka dalam menerapkan konsep numerasi dalam analisis rangkaian. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa trainer tersebut efektif sebagai media pembelajaran praktik. Implikasi penelitian menekankan pentingnya inovasi media pembelajaran berbasis praktik untuk memperkuat kompetensi teknis dan numerasi siswa di bidang kejuruan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025