Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 14 No. 1 (2025): April

Pengembangan Trainer Elektronika Analog untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Keterampilan siswa SMK

Elsanda Merita Indrawati (Unknown)
Fidya Eka Prahesti (Unknown)
Agus Suwardono (Unknown)
M. Dewi Manikta (Unknown)
Miftakul Maulidina (Unknown)
Sofyan Hadi (Unknown)
Haq Abdul Aziz (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa keterampilan praktis siswa dalam mata pelajaran teknik elektronika masih rendah, seiring dengan lemahnya minat belajar dan tingkat literasi yang terbatas. Salah satu faktor yang memengaruhi kondisi ini adalah kurangnya fasilitas pembelajaran, terutama media trainer elektronika analog yang mendukung kegiatan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas trainer elektronika analog modular dalam meningkatkan keterampilan praktis dan literasi numerasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan desain One Shot Case Study. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X jurusan yang berjumlah 35 orang. Otomasi Industri yang terlibat sebagai partisipan uji coba produk. Data dikumpulkan melalui observasi, angket validasi dari ahli, dan tes hasil belajar. Instrumen penelitian mencakup lembar validasi media, soal evaluasi hasil belajar, dan panduan observasi keterampilan praktik. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan inferensial dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media trainer yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi elektronika analog serta kemampuan mereka dalam menerapkan konsep numerasi dalam analisis rangkaian. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa trainer tersebut efektif sebagai media pembelajaran praktik. Implikasi penelitian menekankan pentingnya inovasi media pembelajaran berbasis praktik untuk memperkuat kompetensi teknis dan numerasi siswa di bidang kejuruan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JST

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Sains dan Teknologi(JST) is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on Mathematic, Biology, Physic, Chemistry, Informatic, Electronic and Machine as well as related ...