Program Studi Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (PSTI-UMI) menerapkan sebelas laboratorium dan dua tugas besar sebagai bagian dari Kurikulum 2020. Praktikum pada semester tujuh, yang merupakan tahap akhir studi, meliputi Studio Analisis Perancangan Perusahaan dan Laboratorium Simulasi Sistem Industri. Berdasarkan observasi, praktikum ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan praktikum pada semester sebelumnya. Penelitian ini menggunakan Cognitive Failure Questionnaire (CFQ) dan kuesioner State-Trait Anxiety Inventory (STAI) Form Y untuk mengukur variabel yang diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil kegagalan kognitif, menganalisis hubungan antara tingkat kecemasan dengan kegagalan kognitif, serta mengidentifikasi faktor lain yang berpotensi memengaruhi kegagalan kognitif mahasiswa tingkat akhir PSTI-UMI saat mengikuti praktikum di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa tingkat akhir PSTI-UMI mengalami kegagalan kognitif pada tingkat sedang hingga tinggi. Dari total 117 mahasiswa, 11,97% (14 mahasiswa) mengalami kegagalan kognitif kategori rendah, 51,28% (60 mahasiswa) berada pada kategori sedang, dan 36,75% (43 mahasiswa) berada pada kategori tinggi. Selain itu, tingkat kecemasan, baik state anxiety maupun trait anxiety, juga cenderung tinggi, dengan lebih dari 60% mahasiswa berada pada kategori kecemasan tinggi untuk kedua jenis kecemasan tersebut.
Copyrights © 2024