Penelitian ini membahas tentang peningkatan keterampilan membaca anak melalui media buku besar pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendeskripsikan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa dari kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Al Ikhsan, Kota Palopo. Teknik pengumpulan data untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan membaca anak melalui media buku besar meningkat setelah dilakukan tindakan melalui kegiatan yang menggunakan media buku besar. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan yang diperoleh pada siklus I sebesar 53% dan pada siklus II sebesar 80%. Jadi, penggunaan media buku besar dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan membaca anak.
Copyrights © 2025