Jurnal Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran

Pendidikan Inklusif dan Bimbingan Konseling Sinergi Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak

Naswa Natania (Unknown)
Nabilah Putri Aldiani (Unknown)
Ananta Rahmawati (Unknown)
Saparuddin (Unknown)
Ahmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran integrasi pendidikan inklusif dan bimbingan konseling dalam mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan optimal peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai jurnal ilmiah terkait. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu pengorganisasian data (organize), penyusunan dan penggabungan informasi (synthesize), serta pengidentifikasian temuan utama (identify). Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan inklusif memerlukan dukungan guru yang kompeten, fasilitas yang memadai, serta metode pembelajaran yang adaptif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inobel

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran berfokus pada penerbitan hasil penelitian, kajian, dan inovasi dalam bidang pendidikan dalam pembelajaran. Inovasi pendidikan dalam Pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, pendekatan/strategi/metode pembelajaran, materi pembelajaran, media dan teknologi ...