Jurnal Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran

Dampak Pendidikan Inklusif Terhadap Pengembangan Sosial Siswa Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling

Hastuti (Unknown)
Eka Oktavia Ningsih (Unknown)
Firda Sahrani (Unknown)
Isnaneni (Unknown)
Ahmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan inklusif terhadap perkembangan sosial siswa dari perspektif bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, yang menggunakan literatur dari jurnal ilmiah dan artikel. Proses pengumpulan data dilakukan melalui Google Scholar. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi tema utama yang muncul dari literatur yang telah dibaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusif memberikan manfaat positif bagi siswa dengan kebutuhan khusus terkait keterlibatan sosial, peningkatan motivasi, perkembangan akademik, dan penguatan rasa percaya diri. Interaksi sosial yang positif dengan teman sebaya dan dukungan dari guru inklusif berkontribusi terhadap adaptasi sosial siswa, mengurangi stigma, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inobel

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran berfokus pada penerbitan hasil penelitian, kajian, dan inovasi dalam bidang pendidikan dalam pembelajaran. Inovasi pendidikan dalam Pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, pendekatan/strategi/metode pembelajaran, materi pembelajaran, media dan teknologi ...