Jurnal Inovasi Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Smart LMS Asisten Tutor Balibola'e Untuk Meningkatkan Akses Pembelajaran  Mahasiswa Disabilitas Netra

Ramli, Syamsul Alam (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Pendidikan inklusif bagi mahasiswa penyandang disabilitas, khususnya disabilitas netra, masih menghadapi berbagai kendala akses bahan ajar dan metode pembelajaran yang belum ramah disabilitas. Kesenjangan ini menghambat kemandirian belajar dan pencapaian akademik yang setara. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Smart LMS Asisten Tutor Balibola’e untuk meningkatkan akses pembelajaran mahasiswa disabilitas netra Universitas Muhammadiyah Palopo. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi pada mata kuliah Konseling Gizi dengan melibatkan mahasiswa penyandang disabilitas netra dan non-disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan Smart LMS berhasil menyediakan fitur aksesibilitas seperti text-to-speech, pengaturan tampilan, dan asisten tutor berbasis AI yang mendukung interaksi pembelajaran inklusif. Evaluasi kuantitatif dan kualitatif mengindikasikan peningkatan akses mandiri, motivasi belajar, serta kesetaraan hasil akademik antara mahasiswa disabilitas dan non-disabilitas. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan teknologi pembelajaran adaptif untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan memperkuat kemandirian belajar mahasiswa penyandang disabilitas. Disarankan agar institusi pendidikan tinggi mengadopsi inovasi serupa untuk mendukung keberlanjutan pendidikan inklusif yang berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inobel

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi Pembelajaran berfokus pada penerbitan hasil penelitian, kajian, dan inovasi dalam bidang pendidikan dalam pembelajaran. Inovasi pendidikan dalam Pembelajaran berupa perencanaan pembelajaran, pendekatan/strategi/metode pembelajaran, materi pembelajaran, media dan teknologi ...