JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol. 10 No. 1 (2025): JP2BS

PERKEMBANGAN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) DAN PENGARUHNYA PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS - SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA

Siregar, Roswani (Unknown)
Subagiharti, Heni (Unknown)
Handayani, Diah Syafitri (Unknown)
Kalsum, Eka Umi (Unknown)
Sipayung, Rohdearni Wati (Unknown)
Barus, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Kecerdasan buatan (artificial intelligence - AI) telah menjadi penemuan penting di abad ke-21. Penggunaan AI semakin meluas di berbagai bidang, termasuk pendidikan tinggi. AI telah memengaruhi pengajaran, pembelajaran, dan penilaian bahasa Inggris; hal ini jelas dari penggunaan pesat teknologi AI baru-baru ini dan ketersediaannya yang semakin meningkat. Para pendidik di seluruh dunia mengajukan berbagai pertanyaan tentang penggunaan AI dalam pendidikan secara lebih luas – tentang relevansi, tantangan, etika, dan akses terhadap teknologi tersebut. Hal itu menimbulkan minat berbagai peneliti untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Artikel ini memaparkan tinjauan terhadap penelitian terkait penggunaan AI dalam pembelajaran Bahasa Inggris selama tahun 2016-2024. Tinjauan tersebut mengidentifikasi empat bidang utama di mana AI digunakan dalam Pengajaran bahasa Inggris yakni pengembangan keterampilan berbicara, menulis, dan membaca, untuk mendukung pedagogi dan untuk pengaturan diri. Artikel ini melaporkan penelitian-penelitian terkait berdasarkan metode Literature Review. Tidak dapat disangkal, AI akan terus merambah ke berbagai bidang kehidupan manusia termasuk dalam bidang pendidikan pengajaran bahasa yang dapat mengubah cara dan metode pembelajaran bahasa di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2BS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this ...