Journal of Education Transportation and Business
Vol 2, No 1 (2025): Juni 2025

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Online pada Remaja di Medan Perjuangan

Simanjuntak, Ayu (Unknown)
Tarihoran, Winda (Unknown)
Lumbantoruan, Kisah (Unknown)
Simatupang, Lestania (Unknown)
Sitanggang, Reny (Unknown)
Ayuning, Vista (Unknown)
Kurniawan, Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Keputusan pembelian merupakan proses penting dalam perilaku konsumen yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama dalam konteks belanja online di kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi, kualitas produk, ulasan pelanggan, dan kemudahan teknologi terhadap keputusan pembelian produk online pada remaja di Medan Perjuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 55 responden remaja yang aktif berbelanja di platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Data dikumpulkan melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan faktor harga dan ulasan pelanggan sebagai pengaruh paling dominan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa perilaku pembelian remaja sangat dipengaruhi oleh aspek rasional dan sosial. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi pelaku e-commerce agar lebih fokus pada strategi harga dan pengelolaan ulasan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas dan konversi pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jetbus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Transportation

Description

JETBUS Journal of Education Transportation and Business dengan nomor ISSN terdaftar 3062-813X (Cetak - Print) dan 3062-8121 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JETBUS Journal of Education Transportation and Business bertujuan untuk ...