Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Pendidikan dan Pembelajaran

Islam di Media Sosial sebagai Komodifikasi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam

Hakim, Faisol (Unknown)
Harapandi Dahri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2025

Abstract

Perkembangan media sosial telah secara signifikan mengubah cara penyebaran ajaran Islam, di mana nilai-nilai keislaman semakin mengalami komodifikasi melalui berbagai platform digital. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana komodifikasi tersebut terjadi serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Dengan menggunakan pendekatan studi pustaka, penelitian ini menyintesis berbagai sumber akademik terkait digitalisasi Islam, monetisasi dakwah, dan pergeseran otoritas keagamaan di era digital. Hasil kajian menunjukkan beberapa bentuk komodifikasi yang konkret. Pertama, monetisasi konten dakwah terjadi melalui platform seperti YouTube dan TikTok, di mana para pendakwah memperoleh penghasilan dari iklan, donasi, fitur langganan berbayar, serta penyediaan konten religius eksklusif yang hanya bisa diakses pengguna tertentu. Kedua, selebritisasi ulama tampak dari bagaimana sebagian tokoh agama membangun personal branding dan pengaruh berbasis jumlah pengikut, dengan menyusun konten yang berorientasi pada daya tarik massa, seringkali mengorbankan kedalaman teologis. Ketiga, simbol-simbol Islam digunakan dalam industri fashion dan gaya hidup, misalnya penggunaan desain hijab, kaligrafi Arab, atau kutipan ayat Al-Qur’an dalam produk pakaian, seringkali tanpa disertai pemahaman atau konteks keagamaan yang memadai. Praktik-praktik ini mendorong terjadinya penyederhanaan ajaran Islam, dengan menitikberatkan pada aspek visual dan interaksi digital, alih-alih substansi akademik dan spiritual. Selain itu, tren ini juga mengubah cara masyarakat menilai kredibilitas keagamaan, dari yang sebelumnya berbasis sanad keilmuan menjadi berbasis popularitas digital seperti jumlah pengikut dan tingkat engagement. Melihat fenomena ini, kajian ini menekankan pentingnya penguatan literasi digital keislaman agar peserta didik mampu mengevaluasi dan memverifikasi informasi Islam secara kritis. Diperlukan integrasi literasi digital dalam kurikulum pendidikan Islam guna menjaga integritas akademik dan teologis dalam proses dakwah dan pembelajaran di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adrg

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a journal published by Universitas KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto is published twice times a year (March and September) as a media for scientific communication of academicians in the study of Teaching and Learning based on Interdisciplinary Research. ...