Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 1 (2025): Pendidikan dan Pembelajaran

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Sejak Dini

Tri Lestari Ningsih (Unknown)
Wiwin Fachrudin Yusuf (Unknown)
Achmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Sukorejo I. Fokus penelitian tertuju pada dimensi "Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia" sebagai inti dari pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan ruang kebebasan bagi guru dan siswa untuk menjalankan pembelajaran yang kontekstual, kreatif, dan bermakna. Nilai-nilai religius dan Pancasila ditanamkan melalui pembiasaan ibadah, kegiatan proyek P5, keteladanan guru, serta pembelajaran di dalam dan luar kelas. Temuan juga mengungkap tantangan seperti rendahnya minat siswa terhadap PAI dan kesulitan guru dalam merancang proyek yang sesuai. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan guru diperkuat, dukungan sarana ditingkatkan, serta kolaborasi lintas pihak dioptimalkan agar penguatan karakter pelajar melalui PAI lebih efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara nilai agama dan kebangsaan dalam mencetak pelajar berprofil Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adrg

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is a journal published by Universitas KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto is published twice times a year (March and September) as a media for scientific communication of academicians in the study of Teaching and Learning based on Interdisciplinary Research. ...