Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam pembelajaran sains, termasuk dalam pelaksanaan praktikum Fisika Dasar di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Padlet sebagai media kolaboratif digital dalam kegiatan praktikum serta menganalisis perannya dalam penguatan literasi digital mahasiswa pendidikan IPA. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi aktivitas mahasiswa di Padlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Padlet secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa, membangun kolaborasi digital, dan memperkuat keterampilan literasi digital seperti berpikir kritis, kreativitas, dan etika digital. Selain itu, mahasiswa menunjukkan kesadaran reflektif terhadap isu kontekstual dan kemampuan memanfaatkan media digital secara bertanggung jawab. Meskipun demikian, ditemukan tantangan teknis seperti keterbatasan koneksi internet dan kebutuhan pelatihan awal. Temuan ini menegaskan bahwa Padlet memiliki potensi strategis dalam meningkatkan kualitas praktikum fisika berbasis digital sekaligus mendukung pembentukan kompetensi abad 21 di kalangan mahasiswa calon guru IPA.
Copyrights © 2025