Central Publisher
Vol 2 No 9 (2024): Jurnal Central

MENINGKATKAN DAYA SAING, INOVASI, DAN KEBERLANJUTAN EKONOMI LOKAL DI PASAR INTERNASIONAL: STUDI KASUS UMKM DI YOGYAKARTA MARS GENUINE LEATHER

Rahmawati (Unknown)
Anton Nugroho (Unknown)
Eko Agus Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2025

Abstract

Latar Belakang : Industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia memiliki peran penting dalam perekonomian nasional, dan semakin berperan dalam perdagangan internasional. MARS Genuine Leather berhasil menciptakan produk yang unik dengan memadukan kulit sapi berkualitas dengan kain tradisional Indonesia, yang membedakan produknya dengan kompetitor. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh MARS Genuine Leather, perusahaan kerajinan kulit sapi, dalam menembus pasar ekspor, khususnya di Arab Saudi Metode : Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian menunjukkan bahwa MARS Genuine Leather berhasil mempertahankan keunggulannya melalui strategi pemasaran yang berfokus pada kualitas, diferensiasi produk, dan pemahaman pasar. Namun, tantangan regulasi dan persaingan tetap menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam mempertahankan posisi di pasar internasional. Kesimpulan : Keputusan pemasaran yang dibuat oleh perusahaan termasuk memilih produk unggulan yang menggabungkan kulit sapi dengan kain tradisional Indonesia, harga yang konsisten di berbagai platform, dan menggunakan saluran distribusi Less than Container Load (LCL) untuk ekspor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...