GENIUS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3 No 1 (2025): GENIUS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran

Analisis Literatur dengan Pendekatan Scoping Review: Tren Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

A. Muh. Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) semakin pesat dan mulai diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Di jenjang sekolah dasar, integrasi AI berpotensi mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Namun, pemanfaatannya masih belum merata dan belum banyak diteliti secara mendalam. Diperlukan pemetaan tren penggunaan AI di sekolah dasar untuk mengetahui sejauh mana teknologi ini dimanfaatkan serta dampaknya terhadap proses belajar mengajar. Dengan menggunakan metode scoping review, studi ini mengidentifikasi, menganalisis, dan menyintesis literatur yang relevan dalam rentang waktu tahun 2015 hingga 2025. Sumber data diperoleh dari berbagai basis data seperti Google Scholar menggunakan kata kunci yang mencakup istilah "Artificial Intelligence dan sekolah dasar". Proses seleksi dilakukan berdasarkan kriteria inklusi seperti fokus pada jenjang pendidikan dasar, penggunaan teknologi berbasis AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis terhadap 10 artikel yang lolos seleksi menunjukkan bahwa teknologi AI yang paling banyak digunakan di sekolah dasar meliputi chatbot edukatif, dan aplikasi pembelajaran berbasis machine learning. Pemanfaatan AI terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa, serta membantu guru dalam menyusun perangkat ajar dan melakukan evaluasi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GENIUS

Publisher

Subject

Education

Description

GENIUS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran merupakan sebuah wadah akademis yang dipersembahkan untuk mendiskusikan dan mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan erat dengan inovasi dalam pendidikan. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi sumber informasi yang berharga bagi para ...