Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling
Vol. 11 No. 4 (2025): Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling

GEJALA AWAL: PEMBELAJARAN DARING MENYULUT KECEMASAN AKADEMIK DAN FOMO DI KALANGAN MAHASISWA

Herliana, Mavalda (Unknown)
Marsofiyati (Unknown)
Utari, Eka Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Pembelajaran daring pasca-pandemi telah memperkenalkan tantangan baru bagi mahasiswa, terutama dalam aspek psikologis. Salah satu fenomena yang muncul adalah Fear of Missing Out (FoMO), di mana mahasiswa merasa cemas tertinggal secara akademik, sering kali dipicu oleh media sosial. Penelitian pra-riset ini bertujuan untuk menggali pengalaman mahasiswa dalam menghadapi pembelajaran daring, mengidentifikasi kecemasan akademik, serta strategi yang digunakan untuk menghadapinya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara semi-terstruktur terhadap mahasiswa dari berbagai program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial menjadi faktor utama yang memperburuk kecemasan mahasiswa. Banyak mahasiswa merasa tertekan dengan perbandingan sosial, meskipun telah berusaha keras dalam pembelajaran. Sebagai respons, mereka mengembangkan strategi pribadi, seperti mengurangi penggunaan media sosial dan membuat jadwal belajar yang lebih ketat. Temuan ini memberikan pemahaman awal mengenai tantangan psikologis dalam pembelajaran daring dan pentingnya pendekatan sistematis untuk mendukung kesejahteraan mental mahasiswa di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

liberosis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Veterinary Other

Description

Jurnal psikologi adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada berbagai aspek dan penelitian dalam bidang psikologi. Jurnal ini merupakan saluran penting bagi para peneliti, ilmuwan, profesional, dan mahasiswa psikologi untuk membagikan temuan mereka, menyajikan data empiris, dan berkontribusi pada ...