GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 9 No. 1 (2025): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN LITERASI AKSARA JAWA DENGAN METODE MONTESSORI UNTUK SISWA SD KANISIUS SOROWAJAN

Nugrahanta, Gregorius Ari (Unknown)
Parmadi, Eko Hari (Unknown)
Adji, Fransisca Tjandrasih (Unknown)
Sekarningrum, Hilary Relita Vertikasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari temuan yang menunjukkan rendahnya tingkat literasi aksara Jawa di kalangan siswa kelas IV SD Kanisius Sorowajan. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi aksara Jawa siswa dengan menggunakan pendekatan Montessori. Literasi aksara Jawa mencakup kemampuan dalam membaca, menulis, memahami huruf dalam sistem penulisan aksara Jawa, pengetahuan tentang makna simbol yang terkandung dalam aksara tersebut, dan cara penulisan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, digunakan metode experiential learning yang melibatkan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor literasi aksara Jawa siswa untuk aspek ketepatan penggunaan aksara, kerapian tulisan, dan kelengkapan aksara. Selain itu, penerapan pelatihan dengan metode Montessori memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan literasi aksara Jawa siswa dengan kategori efek yang besar dan efektivitas metode Montessori dinyatakan dalam kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

gervasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Publikasi ilmiah pengabdian kepada masyarakat dengan cakupan bidang: sosial-humaniora (kependidikan dan serumpunnya); MIPA dan teknologi (kependidikan dan serumpunnya); bahasa dan sastra (kependidikan dan serumpunnya); olahraga dan kesehatan (kependidikan dan serumpunnya); serta bidang-bidang yang ...