Kegiatan pengabdian masyarakat ini berangkat dari temuan yang menunjukkan rendahnya tingkat literasi aksara Jawa di kalangan siswa kelas IV SD Kanisius Sorowajan. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan literasi aksara Jawa siswa dengan menggunakan pendekatan Montessori. Literasi aksara Jawa mencakup kemampuan dalam membaca, menulis, memahami huruf dalam sistem penulisan aksara Jawa, pengetahuan tentang makna simbol yang terkandung dalam aksara tersebut, dan cara penulisan yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam pelaksanaannya, digunakan metode experiential learning yang melibatkan partisipasi aktif dari guru dan siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor literasi aksara Jawa siswa untuk aspek ketepatan penggunaan aksara, kerapian tulisan, dan kelengkapan aksara. Selain itu, penerapan pelatihan dengan metode Montessori memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan literasi aksara Jawa siswa dengan kategori efek yang besar dan efektivitas metode Montessori dinyatakan dalam kategori sedang.
Copyrights © 2025