Jurnal Ilmiah Insan Mulia
Vol. 2 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Insan Mulia

Telaah Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Nur Dewi Wulandari (Unknown)
Rahma Ashari Hamzah (Unknown)
Nadia Latifatul Jannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kurikulum Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dengan fokus pada Kurikulum 2013 (K13) dan Kurikulum Merdeka. K13 menekankan pencapaian kompetensi dasar secara nasional dengan pendekatan pembelajaran terstruktur dan fokus pada aspek kognitif. Sementara itu, Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas lebih tinggi dan memungkinkan guru menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode library research kualitatif dengan mengkaji buku, jurnal, dan dokumen akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka lebih mendukung penguatan literasi dasar siswa seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara serta mendorong pembelajaran berdiferensiasi. Tantangan tetap ada, terutama pada keterbatasan sumber belajar dan kurangnya pemahaman guru terhadap dasar kurikulum baru. Evaluasi menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai mata pelajaran, melainkan sebagai sarana pengembangan komunikasi, kreativitas, dan sikap positif siswa. Rekomendasi mencakup penyediaan pelatihan bagi guru, pengembangan sumber belajar yang kontekstual, dan penguatan pemahaman terhadap filosofi Kurikulum Merdeka untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Insan Mulia adalah jurnal penelitian peer-reviewed akses terbuka berkualitas yang diterbitkan oleh Yayasan Insan Mulia Bima. JIIM menyediakan platform yang menerima dan mengakui makalah penelitian asli empiris berkualitas tinggi di bidang multidisiplin ilmu yang ditulis oleh peneliti, ...