Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 9 No 1 (2025)

Development of Gastritis Education E-booklet Based on Islamic Values ​​on Digestive System Material at SMA/MA level

Masruroh, Fitri Ulfa (Unknown)
Hayya, Adieba Warda (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Gastritis merupakan peradangan pada dinding lambung yang disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Berdasarkan data dari Depkes RI remaja usia 14-24 tahun lebih sering mengalami gastritis. Pengetahuan mengenai gastritis dan pencegahannya yang didapat di sekolah kurang optimal karena keterbatasan media pembelajaran. Sehingga dibutuhkan media edukasi yang menarik untuk dibaca salah satunya dengan mengembangkan e-booklet. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-booklet gangguan gastritis terintegrasi nilai keislaman sebagai media edukasi pada materi sistem pencernaan di tingkat SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan yaitu pengembangan dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) yang diadaptasi menjadi model ADD (analysis, design, development). Pengembangan ini divalidasi oleh 6 validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak pada aspek ahli media sebesar 83,3% (sangat valid), ahli materi sebesar 87,1% (sangat valid), dan ahli nilai keislaman sebesar 84,4% (sangat valid). Hasil respon guru Biologi diperoleh hasil 87,9% (sangat praktis) dan respon siswa diperoleh hasil 66% (praktis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media e-booklet yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...