Sawerigading
Vol 31, No 1 (2025): Sawerigading, Edisi Juni 2025

STRUKTUR RETORIKA BERBASIS WACANA PADA PENULISAN ARTIKEL AKADEMIK MAHASISWA

Resticka, Gita Anggria (Unknown)
Nurdiyanto, Erwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Artikel ilmiah memiliki ciri antara lain yaitu penggunaan bahasa formal, mengandung fenomena yang terbaru atau kekinian yang valid dan memuat referensi dari sumber-sumber yang terpercaya. Penyampaian ide gagasan dari hasil penelitian artikel mahasiswa tersebut perlu memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan. Korpus data penelitian yaitu artikel akademik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gaya retorika, gaya sitasi dan bagaimana ciri kebahasaan yang ditulis mahasiswa pada artikel ilmiah pada disiplin ilmu linguistik. Bentuk atau pola retorika dari sebuah karangan sangat ditentukan oleh hal-hal seperti tujuan komunikatif (communicative purpose) dari karangan tersebut, tingkat pengetahuan pembaca untuk siapa teks tersebut ditulis (potential readers schemata) dan gaya menulis pengarang (writer’s style). Identifkasi dalam metode penelitian ini bertujuan melihat bagaimana penulis secara retoris menjustifikasi pilihan metode penelitian tertentu dalam kaitannya dengan studi relevan sebelumnya, mendeskripsikan bagaimana metode tersebut merupakan metode tepat sesuai tujuan penelitian dan kaitannya dengan tujuan pedagogis yaitu membandingkan dan membedakan struktur retorika. Struktur retorika berbasis wacana pada artikel akademik mahasiswa memperlihatkan adanya distribusi gerakan dalam penulisan abstrak, penulisan pendahuluan, penulisan metode, penulisan hasil dan pembahasan serta kesimpulan dalam penelitian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sawerigading

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

SAWERIGADING focuses on publishing research articles and current issues related to language, literature, and the instructor. The main objective of SAWERIGADING is to provide a platform for scholars, academics, lecturers, and researchers to share contemporary thoughts in their fields. The editor has ...