Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa antara kelompok yang diajar menggunakan laboratorium IPA dan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajar tidak menggunakan laboratorium IPA pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif desain eksperimen dengan subjek penelitian mahasiswa semester Ganjil Tahun Akademik 2024-2025 yang mengontrak mata kuliah fisika dasar 1. Adapun mahasiswa dibagi dalam 2 kelompok masing-masing 6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok A dan 6 orang mahasiswa yang diberi kode kelompok B dengan jumlah keseluruhan 12 orang. Penelitian dilakukan di Jurusan Pendidikan IPA Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian Unima pada bulan Juli sampai November tahun 2024. Data dikumpulkan melalui observasi awal dan tes hasil belajar mahasiswa yang dianalisis dengan pendekatan statistik Independent Sample T-test. Hasil belajar mahasiswa terdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama atau homogen. Berdasarkan penelitian, ditemukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar antara mahasiswa yang diajar menggunakan laboratorium IPA dan yang tidak menggunakannya pada mata kuliah Fisika Dasar 1 materi gerak osilasi.
Copyrights © 2024