Abdi Kimia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Edisi Juni

PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR PRAKTIKUM BAGI MAHASISWA BARU PRODI KIMIA FMIPA UNM

Sudding (Unknown)
Harfiana Abbas, Gusma (Unknown)
Munawwarah (Unknown)
Alam, Muhammad Nur (Unknown)
Fahmuddin S, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Kegiatan praktikum dalam pendidikan kimia memegang peranan penting dalam membentuk keterampilan dan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep dasar kimia. Mahasiswa baru sering mengalami kesulitan dalam mengoperasikan alat laboratorium, melakukan pengukuran yang tepat, serta menerapkan prosedur kerja yang aman dan benar. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dasar praktikum kimia bagi mahasiswa baru melalui pelatihan intensif berbasis praktik langsung di laboratorium. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup sesi pelatihan teoritis, demonstrasi, dan praktik mandiri dengan pendampingan oleh dosen dan asisten laboratorium. Kegiatan ini diikuti oleh 40 mahasiswa baru yang dibagi ke dalam 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 10 peserta. Setiap kelompok mengikuti pelatihan alat laboratorium, teknik dasar pengukuran, serta prosedur keselamatan kerja. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep dasar dan keterampilan teknis, yang tercermin dari hasil praktik dan peningkatan skor post-test peserta. Mahasiswa menyatakan bahwa kegiatan ini membantu mereka lebih percaya diri dalam menghadapi praktikum yang sesungguhnya. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam membangun kesiapan awal mahasiswa baru melalui keterlibatan aktif dalam lingkungan pembelajaran laboratorium yang terstruktur

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikimia

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural ...