Abdi Kimia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Edisi Juni

PELATIHAN LITERATURE REVIEW GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENDALAM MENYUSUN KARYA TULIS ILMIAH PADA MAHASISWA JURUSAN KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kartika, Andi Eka (Unknown)
Negara, Satria Putra Jaya (Unknown)
Agussalim, Hastuti (Unknown)
Hasri, Hasri (Unknown)
Afni, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2025

Abstract

Kemampuan dalam menyusun literature review merupakan keterampilan esensial dalam penulisan karya tulis ilmiah di perguruan tinggi. Namun, banyak mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep literature review dan memanfaatkan aplikasi manajemen referensi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan bertema “Literature review guna meningkatkan pemahaman mendalam menyusun karya tulis ilmiah bagi mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar”. Metode pelaksanaan mencakup penyuluhan teoritis, bimbingan teknis, praktik mandiri, serta evaluasi melalui angket pre-test dan post-test dengan enam butir pertanyaan sebagai indikator kompetensi. Kegiatan ini diikuti oleh 20 mahasiswa aktif angkatan 2023–2024. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman mahasiswa, terutama pada pemahaman dasar literature review, pengorganisasian literatur, serta pembuatan daftar pustaka otomatis. Sebanyak 60–75% peserta menunjukkan peningkatan kompetensi pada indikator utama. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah berbasis referensi yang relevan dan terstruktur. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam peningkatan literasi ilmiah mahasiswa serta mengurangi risiko plagiarisme akibat kesalahan sitasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdikimia

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope This journal publishes research articles on various innovation education that are interesting and have an impact on the development of education. The journal publishes articles on interdisciplinary content and cross-field dimensions related to education from various cultural ...