Implementasi Kurikulum Merdeka di tingkat satuan pendidikan menengah, termasuk Madrasah Aliyah (MA), memerlukan kesiapan guru dalam menyusun modul ajar yang kontekstual, adaptif, dan berpihak pada peserta didik. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk memberikan in-service training atau pelatihan penyusunan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan untuk guru-guru MA di Kota Makassar. Data diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 53 peserta pelatihan. Analisis deskriptif dilakukan untuk mengidentifikasi persepsi peserta terhadap aspek substansi materi, kompetensi narasumber, efektivitas media, dan dampak pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas peserta merasa sangat puas terhadap seluruh aspek pelatihan. Sebanyak 87,5% responden menilai bahwa pelatihan ini sangat relevan dan mampu meningkatkan kompetensi pedagogik mereka. Pelatihan ini berperan penting dalam mendorong guru MA di Makassar untuk mampu menyusun modul ajar yang berkualitas, berorientasi pada capaian pembelajaran, dan selaras dengan nilai-nilai keislaman. Temuan ini menunjukkan pentingnya keberlanjutan program pelatihan sejenis sebagai bagian dari penguatan kapasitas guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025