Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pemanfaatan Media Sosial TikTok dalam Kehidupan Siswa Sekolah Dasar dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin

Ni Komang Trisna Maharani (Unknown)
I Nengah Suastika (Unknown)
Anak Agung Istri Dewi Adhi Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap pembentukan karakter disiplin siswa Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research), dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur, jurnal ilmiah, serta penelitian terdahulu yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memiliki dampak positif dan negatif terhadap kedisiplinan siswa. Secara positif, TikTok dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan manajemen waktu, kepatuhan terhadap aturan, serta konsistensi dalam menyelesaikan tugas. Namun, jika penggunaannya tidak diawasi, TikTok dapat menyebabkan kecanduan media sosial, gangguan terhadap pola belajar, serta menurunnya tingkat konsentrasi siswa. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru sangat penting dalam mengontrol penggunaan TikTok agar siswa dapat mengambil manfaat edukatif dari platform ini tanpa mengabaikan tanggung jawab akademik mereka. Dengan pengawasan yang tepat, TikTok dapat menjadi alat yang mendukung pembentukan karakter disiplin siswa secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...