Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Tahfizh Qur’an dengan Metode HAMUTABE (Hafal Mudah Tanpa Beban) di Asrama Putra Tahfizh Ponpes Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal

Ramadan Tanjung (Unknown)
Muhammad Darwis Dasopang (Unknown)
Hamdan Hasibuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an berbasis metode HAMUTABE(Hafal Mudah Tanpa Beban) sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas dan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media yang dikembangkan meliputi HAMUTABE Pandang-Dengar, HAMUTABE Tulis, HAMUTABE Unjuk Kerja, dan HAMUTABEAplikasi Android. Validasi dilakukan oleh ahli tahfidz, ahli pendidikan, dan ahli teknologi pembelajaran, sedangkan uji praktikalitas melibatkan santri dan pengajar di Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam mendukung proses pembelajaran tahfidz. Aplikasi Android dengan fitur interaktif seperti rekaman hafalan, kuis, dan pemantauan perkembangan terbukti meningkatkan keterlibatan santri dalam proses menghafal. Media ini tidak hanya membantu dalam aspek kognitif, tetapi juga mendukung internalisasi nilai-nilai spiritual dan kedisiplinan dalam pembelajaran Al-Qur’an.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...