Adapun tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal, (2) untuk mengetahui tingkat validitas pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal, (3) untuk mengetahui tingkat praktikalitas pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sites di MTsN 4 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validatas untuk mengukur tingkat kevalidan dan kelayakan media dan materi pembelajaran dan uji praktikalitas untuk mengukur kepraktisan penggunaan media pembelajaran berbasis google sites pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Hasil penelitian yang didapat bahwa: (1) pemanfaatan media berbasis web masih jarang diaplikasikan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTsN 4 Mandailing Natal, (2) Tingkat kevalidan hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh dari tim validator media dengan persentase 98% dengan kategori sangat valid dan validator ahli materi menunjukkan hasil 96% dengan kategori sangat valid, (3) Tingkat kepraktisan hasil pengembangan media pembelajaran diperoleh dari uji praktikalitas guru dan hasil angket responden siswa. Uji praktikalitas guru didapatkan persentase 92% dengan kategori sangat praktis dan hasil responden angket siswa dari kelas VIII A sebanyak 90%, VIII B 82% dan VIII C 87% dengan kategori sangat praktis, sehingga berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis google sitesmasuk kategori sangat praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025