Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Representasi Citra Sekolah Unggulan dalam Media Promosi Sekolah Swasta: Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

Halimatusya’diyah (Unknown)
Dina Ayu Rachma Ilmiana (Unknown)
Widyatmike Gede Mulawarman (Unknown)
Yusak Hudiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap citra sekolah unggulan direpresentasikan melalui media promosi sekolah swasta dalam bingkai relasi kuasa dan kapitalisme pendidikan. Dengan menggunakan analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Penelitian ini menganalisis media promosi dari dua sekolah swasta di Kalimantan Timur, yakni SMAS YPVDP Bontang dan SMAIT Granada Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan kedua sekolah mencakup penggunaan slogan, narasi visi-misi, visualisasi fasilitas, serta program unggulan yang dikonstruksikan secara sistematis untuk membentuk citra sekolah unggulan. Dimensi mikrostruktural, terlihat adanya pemilihan diksi dan visual yang mencitrakan keunggulan institusi. dimensi mesostruktural, media promosi diproduksi dan disebarkan oleh pihak sekolah untuk dikonsumsi masyarakat dalam rangka membentuk persepsi positif. Sedangkan pada dimensi makrostruktural, tampak bahwa praktik promosi tidak lepas dari ideologi kapitalisme pendidikan, di mana sekolah diposisikan sebagai produk yang dikomodifikasi untuk bersaing dalam pasar pendidikan. Dengan demikian, media promosi sekolah tidak sekadar menyampaikan informasi, tetapi juga menjadi alat reproduksi ideologi dan relasi kuasa dalam dunia pendidikan kontemporer.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...