Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Revitalisasi Nilai Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin dalam Pendidikan Akhlak Gen Z

Tira Mulia (Unknown)
Ani Marlia (Unknown)
Nur Azizah (Unknown)
Siti Mariyah (Unknown)
M. Dzaki Permana (Unknown)
M. May Diansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Era digital dan fenomena globalisasi telah memberikan pengaruh besar terhadap perubahan sifat dan nilai moral kaum muda, khususnya Generasi Z. Terjadi penurunan penghormatan terhadap pengajar, pertumbuhan sikap individualis, dan pola konsumsi yang berlebihan, yang menggambarkan adanya krisis dalam nilai-nilai kepemimpinan dan etika. Penelitian ini bertujuan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai kepemimpinan dari Khulafaur Rasyidin—Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali—dalam konteks pendidikan moral bagi Generasi Z. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif-historis, penelitian ini mengeksplorasi sumber-sumber klasik dan modern mengenai pendidikan Islam, sifat-sifat Generasi Z, serta sejarah kepemimpinan Khulafaur Rasyidin. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai seperti kejujuran, keadilan, keberanian, tanggung jawab, dan integritas yang dihadirkan dalam kepemimpinan Khulafaur Rasyidin sangat relevan untuk membangun karakter Islami generasi sekarang. Penghidupan kembali nilai-nilai ini dapat dilakukan melalui teladan dari para guru, pengintegrasian dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam, serta kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Dengan cara ini, pendidikan karakter yang berdasarkan nilai-nilai Islam dapat mencetak generasi yang cerdas secara intelektual dan juga kuat dalam moral serta spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...