Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran geografi berbasis Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi SMA Negeri 1 Matauli Pandan. (2) kesulitan guru geografi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran geografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan dengan sampel 2 guru geografi (total sampling), serta siswa kelas X dan XI menjadi sumber data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket siswa, dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran guru kelas X bernilai 81,05% (baik) dan guru kelas XI sebesar 91,60% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran guru kelas X bernilai 81,25% (baik) dan guru kelas XI sebesar 83,75% (baik). Evaluasi melalui refleksi, tindak lanjut, dan asesmen. (2) Kesulitan kedua guru geografi yaitu merancang CP, TP, ATP, menyusun perangkat berdasarkan fase, menyesuaikan materi dengan TP, dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. (3) Respons siswa yaitu tinggi, dengan skor rata-rata 74,1 untuk guru kelas X dan 76,8 untuk guru kelas XI.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025