Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2025): June-September 2025

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi di SMA Negeri 1 Matauli Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2024/2025

Isma, Ahyana (Unknown)
Elfayetti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran geografi berbasis Kurikulum Merdeka Mandiri Berbagi SMA Negeri 1 Matauli Pandan. (2) kesulitan guru geografi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi (3) respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran geografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Matauli Pandan dengan sampel 2 guru geografi (total sampling), serta siswa kelas X dan XI menjadi sumber data. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket siswa, dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran guru kelas X bernilai 81,05% (baik) dan guru kelas XI sebesar 91,60% (sangat baik). Pelaksanaan pembelajaran guru kelas X bernilai 81,25% (baik) dan guru kelas XI sebesar 83,75% (baik). Evaluasi melalui refleksi, tindak lanjut, dan asesmen. (2) Kesulitan kedua guru geografi yaitu merancang CP, TP, ATP, menyusun perangkat berdasarkan fase, menyesuaikan materi dengan TP, dan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. (3) Respons siswa yaitu tinggi, dengan skor rata-rata 74,1 untuk guru kelas X dan 76,8 untuk guru kelas XI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...